Friday, December 2, 2011

...A same story : buat Dita


“Talk about our future like we had clue, never plan that one day, I’d be losing you…”
(the one that got away – katy perry)

Dan, di lagu itu, Katy Perry kehilangan kekasihnya. Dari video clipnya, pacar masa SMA yang kemudian jadi suaminya, akhirnya meninggal. Kita tetep bakal kehilangan, Dita.

Kenapa Dita? Karena baru saja saya kayak diajak mikiri juga sama dia. Kalau misal, kita, sekarang, misal, memiliki sesuatu, apapun itu, rasanya harus siap untuk kehilangan. Kebebasan kita, kesempatan kita itu, ada kalanya nggak bakal kita miliki lagi.

Walaupun, barangkali ada semacam perjuangan-perjuangan tertentu buat dapetin yang kita miliki sekarang, rasa-rasanya kita juga tetep harus siap kehilangan. Beruntunglah kamu Dita, kamu masih diberi kesempatan buat memilih dan meyakinkan diri kamu lagi. Iya sih, tetep aja, kita nggak bisa mbandingin, “Si ini bisa kayak gini ke aku, tapi si itu nggak bisa kayak gini ke aku. Atau, si ini bisa nglakuin itu buat kamu, tapi si itu nggak bisa nglakuin itu buat aku.” Karena pada akhirnya kita bakal jatuh ke satu ketakutan yang sama, kehilangan. Gitu, Dita.

Cuman Dit, kayak tadi aku bilang ke kamu, kita nggak pernah tahu Dita, kita nggak pernah tahu.
Makanya saya nggak pernah cukup berani cerita ke siapapun tentang beberapa keputusan dan rencana besar di hidup saya. Kadang saya kira, saya bakal gagal duluan soalnya. Terus, saya juga selalu merasa nggak punya cukup alasan buat ngerasa bahwa, apa yang saya lakuin sekarang bakal baik-baik saja seterusnya. Apalagi jika itu untuk sesuatu yang sangat besar. Iya sih, tentu saja, kita pasti berdoa atau berencana, kita bakal nglakuin ini-itu, kita bakal dapetin ini-setelah nglakuin itu, kita udah berusaha juga buat menjaga yang kita miliki. Atau kalau saya, diam-diam saya berdoa dan berusaha, sambil lihat ini-itu, sambil nimbang-nimbang sendiri, kayaknya saya bakal coba dan bakal nunjukin ke orang kalau saya udah berhasil aja, haduh, tetep kan, itu kayak semacem berharap banyak juga. Dan tadi, dari ngobrol singkat bareng Dita, kayaknya kita harus tetap siap menerima yang terburuk…

Kenapa Dita,

Karena aku ngelihat kamu kayak ketakutan. Ketakutan nggak memiliki yang kamu inginkan. Walaupun alasan kamu bener, kalau pengen memiliki apa yang kamu inginin itu. Bukan berarti setelah memiliki kamu juga bakal lebih bahagia. Kadang justru itu lebih berat. Dan kamu, Dita, kamu semuda itu dan punya lebih banyak pilihan, beri ruang buat diri kamu sendiri menimbang semuanya. Jangan jadiin semuanya alasan buat teriak, “bete”. Kadang itu justru yang ngarahin kita ke tempat yang lebih baik…

Terus, tadi, belum sempet aku bilang Dit, keburu kita ngapain sih tadi, kayaknya ada baiknya kita nggak usah bikin rencana muluk nan indah dulu deh. Biar kita nggak keburu sangat-sangat-sangat kecewa, karena yang kita rencanain nggak seindah yang kita bayangin. Bukan berarti kita nggak ngapa-ngapain dan pasrah gitu aja juga, seenggaknya mencegah kita nglaukin hal-hal yang bakal kita sesalin nantinya juga.

Bukan berarti kita nggak berhak dapetin yang terbaik dan yang indah-indah itu juga. Tentu kita berhak. Tapi, kadang, bayangin dan siap dengan yang terburuk aja dulu, kalau hasilnya menyenangkan, anggap itu bonus. Macam kita dapat jaket vintage bagus dan murah di pasat klithikan, nah, kan, tadi jaket jinsku di mana yah? Jadi keinget.

Akhirnya Dit,

Udah atau belum memiliki yang kita inginin itu Dit, kita tetep harus siap buat nggak pernah memiliki sama sekali. Sama kok.

Kalau kata temenku yang rada-rada lebai, dalam beberapa hal, kita kayak megang angin, kita bisa cuma bisa ngrasain, nggak pernah tahu udah atau belum bener-bener memiliki. Atau kayak kita yang merasa memiliki air pam sebanyak-banyaknya karena rajin bayar kost dan bayar pam, tapi, nyatanya pam memberi kita kenyataan terburuk dengan hanya nyalain air di jam 12-3 siang. Kita harus siap ngungsi dan bawa-bawa handuk sama cuma pakai baju tidur seadanya ke tempat bude buat mandi pagi, padahal banyak orang-orang di luar kostan.

Ee, buset Dit, kalau ngobrol serius bikin jadi rada aneh kan ujung-ujungnya. Kalau kata kamu, pasti bakal teriak, “kampretlah…” :p

No comments:

Post a Comment