Tuesday, November 29, 2011

...senggol-bacok


Iseng-iseng, saya tanya ke beberapa teman perempuan: kalau lagi dapet, jadi super ribet nggak sih?

Dan jawabannya, iya. Iya. Iya. Iya banget.

Saya juga nggak ngerti, dan pastinya, nggak boleh juga, menjadikan alasan, karena lagi dapet, kita boleh marah-marah dan senewen semau kita. Tapi saya juga masih nggak ngerti, kenapa saya nggak bisa mengendalikan diri saya sendiri kalau udah kesel gitu?

Satu masalah kecil aja, keciiiil aja, bisa bikin saya uring-uringan. Ujung-ujungnya, mulut saya mulai mengeluarkan kata-kata yang nggak enak. Semacam kesel berlebihan. Terus kalau udah keseeeel bangeettt, bakal nangis saking bingungnya. Ini marah apaan sih? Ini wajar nggak sih kayak gini? Ini saya ngapain sih?

Dan, seriously, ini terjadi buat hal-hal kecil. Misal, saya nggak nemuin satu catetan yang seinget saya saya selipin di satu buku. Ternyata nggak ada, semua buku serak saya acak-acak. Begitu keluar kamar, terus masuk kamar lagi, buku-buku berantakan, saya kesel sendiri. Sambil mberesin sambil ngomel-ngomel sendiri. Padahal itu catetan ada di tas.

Terus, apalagi kalau ngobrol yang rada-rada sensitif. Kalau pas lagi nggak ingetin diri sendiri, “non, kamu lagi dapet, tahan mulut, tahan…”, dijamin saya bakal mengeluarkan kekesalan saya dengan nggak sehat. Saya bakal cari-cari masalah, buat dipermasalahin. Pokoknya gitu-gitu.

Bakal lain kalau ngobrol, tapi sambil ngewarning diri sendiri, “tahan, tahan, kamu lagi dapet”, ini bisa dengan tenang ngobrol. Tapi, ujung-ujungnya tetep kesel belakangan. Ujung-ujungnya marah sendiri.

Sumpah yah, saya nggak ngerti ini karena apa. Saya sadar ini keliru. Tapi, serius, emang semuanya jadi ngeselin banget. Ibarat kata, ini adalah keadaan “senggol bacok”.

Masalahnya adalah, sehat nggak sih kayak gini terus? Kasian orang-orang nggak bersalah dan berniat baik yang ujung-ujungnya saya semprot… hufht.

No comments:

Post a Comment