Sunday, November 20, 2011

... orang nggak penting yang penting bagi orang yang sok penting.


Ehm.
 
Dua kawan baik, bahkan sangat baik saya, mereka harus berjauhan dengan pacar mereka masing-masing. Ya sebenernya kalau saya lagi ngobrol sama mereka, nggak ngomongin pacaran mulu sih. Apaan juga. Mentang-mentang punya pacar, jadi ngomonginnya masalah pacar mulu gitu? Nggak penting.

Tapi, dari ratusan hal remeh-temeh khas cewek, dari mulai urusan bersihin kamar, milih baju, berat badan, mau nggak mau, salah satu diantaranya adalah ngomongin pacar. Ini jadi lucu, karena nasib kita sama. Nggak cuma orang yang disebut pacar itu jauhnya masa ampun. Kalau harus naik kereta sama-sama hampir 12 jam dan mereka juga sama-sama sibuk sama urusan masing-masing, tepatnya sok sibuk. Intinya bukan itu, tapi lebih ke kitanya sendiri yang tiba-tiba jadi menyedihkan.

Nggak, menyedihkannya juga bukan karena jauh itu. Bukan. Kayaknya hal-hal kayak gitu bisa dimaklumin lah. Nah, menyedihkannya adalah, ada di kitanya.

Gini deh,

Ehm,

Pertama, saya jelaskan dulu yah, bahwa, kita itu teman sekelas. Kita, sama-sama mahasiswi cantik tingkat akhir yang ceritanya lagi garap skripsi. Kegiatan kita sehari-hari: sok-sokan garap skripsi dan hal-hal yang mendukungnya macam baca, ngetik, baca, ngetik, baca, ngetik; ehm, di kostan aja dengan segala kegiatannya, macam nyetrika, cuci-cuci, sapu-sapu; sesekali ke kampus; sesekali makan di luar; sesekali dateng ke kelas berbagi buat ketemu teman-teman; sesekali ke pusat perbelanjaan; sesekali nonton-nonton pertunjukan; sesekali dateng pameran; sesekali ke toko buku beli majalah; sesekali lari pagi; kadang-kadang konsul dosen. Penting nggak sih kegiatan-kegiatan itu?

Ini saya obrolin sambil makan capcai yang enak banget di belakang Pasar Nongko.

Dan, lucunya, kegiatan-kegiatan itu pasti menyita waktu seharian deh. Terus, malamnya, kita udah capek, lalu tidur. Terus, gini, teman saya bercerita: malamnya, kalau pacarnya yang seorang fotografer, yang kalau siang pasti harus semacam bekerja, kan pasti tanya tuh, “hari ini ngapain aja?”. Eng-ing-eng. Eng-ing-eng. Dijelaskanlah kegiatan seharian. Ya ada si, nyelipin kata skripsi, cuman, hhee, nggak yang banyak-banyak amat juga… dan, ini yang kita alamin.

Gini deh. Kenapa bagi kita, terutama saya dan kawan saya yang ngobrol panjang barusan, hal ini jadi menyedihkan. Karena, oke, kita udah semacam tinggal ngerjain skripsi, tinggal nyelesein lah istilahnya. Tapi malesannya minta ampun. Coba deh, ngapain seharian. Saya tadi terus nginget-nginget kegiatan saya seharian ini. Bangun tidur agak kesiangan. Terus nyuci dan bersih-bersih. Terus baca bentar. Terus nggak sengaja lihat lemari pakaian saya berantakan banget dan banyak baju saya yang belum disetrika. Dan, saya memilih meletakan buku yang saya baca, terus membersihkan lemari pakaian dan menyetrika. Hampir lima jam saya ngurusin baju, baju yang udah disetrika sampai disetrika lagi. Jam setengah tiga di sms ada acara, saya langsung jawab “Hayuk berangkat abis ashar”. Dan itulah, saya berdua sama kawan saya itu sampai ngobrolin ini.

Ih, tapi serius deh, saya niat menyelesaikan skripsi saya kok.

Nah, menyedihkannya adalah: kita ngapain aja sih, sementara orang yang bisa disebut pacar kita itu, walaupun kuliah mereka berantakan masa ampun, tapi kayaknya mereka melakukan sesuatu yang cukup penting deh, seenggaknya buat hidup mereka sendiri. Lah kita, kita yang kuliahnya lancar-lancar aja, nilai nggak jelek-jelek amat, ngerjain skripsi juga tinggal ngerjain, kita juga kayaknya nggak bego-bego amat buat nggarap itu skripsi, tapi kita ngapain deh????!!! 

Menyedihkan gitu nggak sih? Sial.

Serius. Kita ngapain deh? Kita bingung sendiri. Saya malah jadi merasa bego banget.

Aduh, orang yang merasa jadi pacar saya, baca ini nggak yah? Semoga enggak. Yess. Biar saya nggak tambah jadi bego. Tapi kayaknya baca deh. Ya udah deh, nggak apa-apa deh. Palingan dia juga udah sadar, kalau saya rada-rada suka melakukan hal-hal nggak penting. Cling-cling-cling…

Pacar kawan baik saya itu, baca juga nggak yah? Kayaknya baca juga deh… hhhe,

Tapi, setidaknya, malamnya saya sedikit terhibur sekaligus tersadar, kayaknya kita nggak perlu merasa semenyedihkan itu deh. Saya, dan dua temen saya itu, kita berusaha kok. Ih, iya, ngapain kalau bukan berusaha namanya kalau kita tiap hari baca dan ngetik dikit-dikit. Kayaknya semua orang yang ngerjain skripsi juga gitu deh. Kayaknya juga nggak dosa kalau kita sempetin jalan ke luar, bisa gila kalau seminggu di kamar kost terus. Kan? Bener gitu kan?

Jadi, kesadaran itu muncul pas: pacar kawan saya itu sms saya gini, “Jagaian pacarku yang paling cantik sedunia yah…” Hhhhaaa… saya geli sendiri baca smsnya. Walaupun saya balesin rada sadis, tapi sebenernya saya ngrasa seneng pacar temen saya itu sms saya kayak gitu. Karena, meskipun kawan saya baru saja merasa sedikit aneh ketika dia nggak maksimal ngerjain skripsi, tapi pacarnya tetep baaaaaiiiikkk bangeeettt kok. Hhhee.. :)

Ya ampun, kayaknya, se-enggak penting-enggak pentingnya kita, kalau laki-laki yang sok-sokan melakukan hal-hal penting itu milih kita jadi semacam pacarnya. Berati kita cukup penting lah yah. Ohm, enggak, tapi “PENTING”. Jadi, kita adalah, orang nggak penting yang penting bagi orang yang sok penting. Yess.

*menghibur diri.

No comments:

Post a Comment