Monday, October 10, 2011

...ulang tahun?


Mari ucapkan terimakasih pada facebook yang telah mengingatkan kita akan hari ulangtahun teman. Horre!

Atau barangkali, hari ulangtahun gebetan yang kita taksir. Karena pada kenyataannya, facebook, dengan sangat baiknya menyebarkan info itu. Atau setidaknya, tujuan awal si Mark untuk mengetahui data pribadi teman-temannya terwujud tanpa perlawanan. Walaupun kita bukan teman Mark, tapi, tanpa sadar kita membagi data pribadi dengan suka rela, setidaknya sama teman-teman di facebook kita itu. Malah sebagai wujud eksistensi. Saya dong agamanya ini, saya dong pandangan politiknya ini, saya dong ngefans ini, saya dong pacarnya ini, saya dong nggak punya pacar.

Saya juga pernah lupa hari ulangtahun saya. Ergh, sesungguhnya memalukan. Mengingat saya belum tua-tua amat, masih muda belia dan labil, harusnya selalu ingat itu momen bertambah umur dan merayakannya dengan bermacam seremonial dan kadang-kadang mendapatkan kado atau ciuman di kening. Bukan lupa tanggalnya, saya ingat kok tanggalnya, tapi semacam kelupaan dan tidak kepikiran karena pikiran tersita untuk mikirin atau ngerjain hal lain. Kayak ulangtahun ke-18 dan 20 kemarin. Yah, di ulangtahun yang 18 saya punya pacar yah, jadi waktu itu dia yang ngingetin, cukup manis kayaknya ini ceritanya, tapi saya malas ngingetnya, lupakan. Di ulangtahun kemarin itu, saya stress di ukm saya dan tugas magazine news sepertinya, pokoknya hectic, saya tidur cepet sambil nangis-nangis, dan paginya teman-teman kost mengetuk pintu. Err.. masih berdaster ria, pagi itu Kenyo dan mbak Vita dan Intan (kayaknya), mbawain, getuk goreng di kasih lilin warna-warni. Dan, itu, manis sekali, saya habis buka pintu mbalik ke kasur lagi, nutup muka pakai bantal, terharu. Iya, saya lupa hari itu saya berulangtahun. Parah yah saya?!

Makanya, saya berterimakasih, karena dari facebook, tanpa sengaja kita jadi tau tanggal-tanggal ulangtahun teman. Kebayang kalau saya diundang tiap teman fb makan-makan tiap mereka ulangtahun, pasti saya makan gratis tiap hari. Karena selalu ada yang ulangtahun. Seandainya, info tentang tanggal ulangtahun nggak ada di fb, ingatkah kita akan hari-hari ulangtahun teman kita?

Saya aja yang hafal tanggal-tanggal ulangtahun orang serumah dan selalu saling memberi selamat, kemarin lupa hari ulangtahu ibu saya. Tepatnya terlupakan. Sebelum menyadari di sore harinya. Iya, saya nggak bisa (kesulitan) mengingat hari ulangtahun. Ghrrrr! Memalukan. Karena saya juga lupa-lupa ingat tanggal-tanggal ulangtahun sahabat saya. Kayaknya dulu juga yang sering ingat itu ibu saya, bukan saya.

Dan, ini buruk, kalau misal teman baik saya ulangtahun, dan saya lupa. Sementara dia itu adalah orang yang barangkali, begitu mementingkan momen itu? Maka habislah saya. Saya nggak ngerti deh, kalau emang nggak bisa mengingat itu jahat nggak si?

Semacam, salah satu teman saya yang berulangtahun kemarin. Saya sesorean bareng dia, kita ngobrol bertiga, dia sempat lama di kostan juga. Saya sempet ngobrol sama pacarnya di telfon juga. Kita sempat mau makan bareng, tapi saya waktu itu nggak jadi ikut, karena harus di kost. Setelah selesai dengan kepentingannya di kostan saya, mereka pergi. Saya bukalah itu facebook, dan, yah, hari itu ulangtahunnya. Dan seseorean itu, kita, saya, dia, ataupun satu teman lainnya, tidak membahas sama sekali tentang ulangtahun. Saya langsung sms dia. Saya bilang, entah aku yang goblok atau gimana, ternyata kamu ulangtahun hari ini. Dia jawab, aduh saya lupa, tapi intinya gini, “Itu cuma salah satu tentang pertemanan kok”. Ya ampun, dia bijak sekali. Er..er..errr…

Atau ketika dengan bodohnya, saya mengira Intan itu ulangtahun 16 Juli, padahal dia ulangtahunnya 26 Juli, bener nggak? Atau kebalik? Tuh kan, saya lupa. Juga Vicky, saya tu lupa deh, dia itu ulangtahun tanggal 15 Oktober apa November yah? Errrrgghhh…!!!
Dan facebook akan mengingatkan. Tapi akan lupa lagi besoknya.

Sebenarnya, saya tertohok, karena teman saya, Maulana, semalam dia baru mengingatkan tentang ulangtahun kawan kami, Rani. Dia bilang, dia ingat tanggal ulangtahun kawan-kawannya ketika pertama kali ospek dulu. Selain karena setelah itu, mereka berteman baik. Tapi intinya, DIA BISA NGINGET TANGGAL ULANGTAHUN ORANG-ORANG. Buset deh. Dari belakang jok motornya, saya ngebayangin Nana mengingat tanggal-tanggal dan angka-angka itu. Yang bagi saya, itu sulit sekali.

Saya nggak akan minta pemakluman kalau lupa tanggal-tanggal itu. Tapi bagaimana dengan, selamat ulangtahun buat semuanya untuk tiap tanggal ulangtahunnya masing-masing. Hhhii… J

Momen itu barangkali cukup penting. Ya, saya juga kadang membuat resolusi kecil-kecilan dan mencatat apa saja yang sudah saya lakukan. Atau kadang kalau ada tabungan tersisa, ya ayoklah kita makan bersama. Semoga orang-orang itu mendoakan dengan tulus. Atau kadang, sengaja memilihkan sehelai kain untuk teman yang akan berulangtahun. Yah, memang selalu ada yang manis di sana. Atau harap-harap cemas, kali ini ibu saya ngasih apa yah? Tapi mau bagaimana lagi, kalau saya nggak mampu mengingat-ingatnya dengan baik?????????

Selamat ulangtahun. Semoga itu cuma salah satu tentang pertemanan diantara jutaan hal lain tentang pertemanan… amin. Amin. Amin…

No comments:

Post a Comment