Saturday, September 10, 2011

,,,mighty love (a simply devil’s masterplan)


“The place I stand will let you know my full immunity”

Kalimat ini menjadi penutup manis dan tegas Mighty Love dari Zeke and The Popo. Entah apa yang menjadi alasan Zeke Khaseli dan kawan-kawan ketika merangkai kalimat ini, tapi bagi saya, kalimat ini sangat lebih dari cukup untuk menyelesaikan salah satu lagu yang akan membuat si pendengar jatuh suka ketika mendengar untuk pertama kali.

Mighty Love mengajak saya untuk menikmati jatuh cinta. Sekaligus untuk menahannya tetap menjadi jatuh cinta yang ‘auuuuhh’ sekali, menahannya agar jatuh cinta itu tetap tentang sesuatu yang indah-indah saja. Bukan tentang memaksakan diri dan pada akhirnya seringkali menyakiti diri sendiri. Zeke mengajak saya untuk menyadari bahwa, cinta itu, ya sudah, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta. Begitulah adanya cinta itu, ia kuat ada di dasar hati sana dan tidak rumit. Tak perlu dibuat menjadi rumit.

Walaupun, barangkali, ia juga mengajak kita merutuki cinta, yang, entah kenapa, begitu kuat, dan pada kenyataannya, mungkin akan membuat hidup kita sedikit kacau. Kacau yang menyenangkan. Kacau yang indah-indah saja. Seperti melihat pelangi setelah berjam-jam terjebak hujan dan kebasahan. Zeke merutuk manis melalui rangkaian kalimat pada, “Wasn’t made by human hand/ It simply devil’s master plan/ Aint got no mother father sister / What the bloody hell is it?”. Salah satu penggambaran cinta yang, sekali lagi, ini hanya bagi saya, luar biasa. Capeklah saya yang melulu mendengar bahwa cinta itu anugerah tuhan yang terindah bagi manusianya, atau cinta itu seperti inilah, seperti itulah, harus dengan kesetiaanlah, harus dengan pengorbananlah, atau sekedar nafsulah. Basi sekalilah cinta itu kalau dipikir-pikir dan hanya akan menjadikannya drama. Padahal, itu hanya sekedar akal-akalan setan. Sesuatu yang pada akhirnya kita sumpah serapahi, tapi juga kita nikmati.

Dan saya menikmati tiap kata yang ada di lagu ini, selain bahwa ketukan-ketukannya juga membuat aura bahagia tersendiri, apalagi jika dimainkan pagi hari atau satu sore menunggu dia untuk sekedar makan rica-kare? Maka senyum saya tidak putus di saat-saat mendengar lagu ini. Auuh, what the bloody hell is it?

Mulai dari kalimat-kalimat awal, saya diajak mereka untuk, “Hei, nona, ayo, ayo jatuh cinta….” Sekaligus mengingatkan, bahwa kelak, ketika saya jatuh cinta, banyak hal yang akan terjadi. Saya akan tergila-gila seperti orang paling tidak waras sedunia, saya akan membayar mahal untuk hal yang nantinya hanya akan ditertawakan, sesaat mungkin saya akan menapak sepuluh sentimeter di atas tanah, mengumpat dan berpuisi, tapi, percayalah, semuanya adalah sesuatu yang sederhana. Sesederhana saya jatuh cinta dan sesederhana bahwa saya hanya harus menikmatinya.

Hingga di akhir lagu, saya disadarkan untuk kembali menapak tanah, melihat cahaya matahari, dan menyadari, bahwa, “Hei, nona, kamu masih di dunia yang sama.” Banyak hal lain yang lebih penting dari sekedar cinta-cintaan macam ini. Banyak hal yang harus kamu lakukan, termasuk hal-hal lain yang nantinya akan menjadikan cinta ini lebih bermakna tapi tetap sederhana. Aishhh. Pada akhirnya, jatuh cinta itu, meskipun menyenangkan sekaligus mengerikan, saya harus kembali pada diri saya. Pada diri saya se-saya-saya-nya. Karena ketika menjadi saya, atau diri kita, tidak ada yang akan mengalahkan kita. Cinta sekalipun. The place I stand will let you know my full immunity.

Sial yah, sepertinya saya kerasukan setan apa lagi ini?

Drop a penny throw a stone
I guess its time to let love
And throw your anesthetic piece of heart
You built for long

Smack my face and you will see
This piece will never be free
Oh please somebody
Connect me back into reality

This mighty love
Strictly from the bottom
Simply from the head
This mighty love
Strictly from the bottom
Simply from the head

Wasn’t made by human hand
It simply devil’s master plan
Aint got no mother father sister
What the bloody hell is it?

She’s the queen of libertines
A cross of sex and good machine
A modest words of love
In turn she pressed a fucking charge
On me

This mighty love
Strictly from the bottom
Simply from the head
This mighty love
Strictly from the bottom
Simply from the head

I miss the sun while I’m in here
I fought my mind and my needs
I found out there are more to stake than just to scratch your back
I laid down there for awhile, the bee will never stung me
The place I stand will let you know my full immunity.

Tapi, lebih sial lagi, adalah ketika akhirnya saya menyaksikan video klipnya. Ternyata, sejauh yang saya bisa tangkap, bercerita tentang kesalah-pahaman dalam sebuah relationship. Tapi intinya, hampir sama lah, tentang menyikapi cinta tanpa mendramatisir berlebihan.

Yeaa. This mighty love, strictly from the bottom, simply from the headSimply:)

No comments:

Post a Comment