Tuesday, September 6, 2011

...hidup susah?!


Saya surprise sekali ketemu teman-teman lama dan mantan pacar saya jama smp-sma. Lebih surprise lagi, ketika satu malam kami bisa nongkrong dan ngobrol bareng. Obrolannya kemana-mana si. Dari sekedar ngetawain orang sampai mengenang jaman dulu.

Kayak misal, dulu ada anak yang nakal banget, sekarang udah gede ternyata lucu-lucu aja. Ada yang dulu pendiam, ternyata sekarang heboh. Atau yang tetap-tetap aja, dan nggak berubah sama sekali. Yang dulu cantik ya sekarang masih cantik dan jadi idola. Yang dulu biasa aja kayak saya, ya sekarang biasa aja. Nyatanya, saya terutama, memang jarang berkumpul bersama mereka, gara-gara saya yang entahlah, dengan sombongnya jarang pulang ke rumah, dan kalaupun pulang ke rumah, saya lebih memilih untuk bersama keluarga. Sementara sebagian besar teman-teman saya ini, kebanyakan belajar tidak terlalu jauh. Kalaupun ada yang juga belajar di Solo, dia sering pulang. Hm…

Tapi, paling lucu adalah ketika satu malam saya smsan dengan salah satu teman saya. Entah tadinya ngobrolin apa, dari masalah kuliah sampai mengingat-ingat kapan terakhir sempat ketemu, tiba-tiba kita ngobrolin masalah pacar. Eaaah sekali deh. Masalah umur segini di mana-mana hampir sama. Terakhir saya tahu, teman saya itu punya pacar. Tapi dia bilang, sekarang dia lagi nggak punya pacar. Saya bilang, “Ah, ko kakehan pengen si”.

Yah, saya kira, orang kayak dia nggak akan kesulitan dapat pacar. Tiba-tiba, dia sms panjang sekali. Sepertinya agak serius. Dan smsnya bercerita tentang, kurang lebih semacam ini, bahwa, dia bisa aja pacaran sama siapa aja yang dia mau, tapi, dia nyari cewek yang mau diajak susah. Ngok!

Apa coba? Cewek yang mau diajak susah itu maksudnya gimana? Diajak hidup susah selamanya? Atau gimana? Elha, bukannya hidup itu adalah tentang menjadi bahagia dan susah? Kok tega-teganya dia mikir bakal menjerumuskan seseorang ke lembah penderitaan, dengan mengajak seorang perempuan diajak susah. Apalagi cuma buat dijadikan pacar. Apakabar kalau dijadikan istri?

Saya sih bukan bermaksud sok oke, dengan berharap kelak mendapatkan laki-laki kaya raya seratus turunan. Bukan. Rada mustahil soalnya. Tapi gini deh, saya pengen ketawa aja sama klu temen saya itu. Apa si? Ih, ribet deh. Saya si sempat tanya, ngukur mau diajak susah itu gimana? Dia malah ketawa.

Lah kalo diajak susahnya, cuma dalam ukuran materi, misal kemana-mana naik angkot, makan seadanya, aduh, itu si cerita semua anak kostan di dunia. Dan saya tentunya. Lah, wong, saya nonton hidup teman saya itu enak-enak aja. Kalo mau jalan nggak mau kepanasan dan kedinginan, tinggal bawa mobil. Rokoknya maliboro, dan sejam ngobrol sama dia, bisa habis lima batang pula. Kuliah asal-asalan, dia sendiri yang cerita, maklum, bapaknya lebih tajir dari bapak saya. Haduh. Benar-benar tidak konsekuen. Apa coba mau cari pacar yang mau diajak susah? Kecuali, hidup dia emang dalam kategori susah. Boleh dia teriak-teriak kayak gitu. Lah wong hidupnya aja bukan kategori hidup susah. Tolong deh. Tolooong mas…

Malah jadi curiga, diajak susahnya, kayak semisal jangan-jangan, ditinggal pacaran ama cewek lain? Nggak diajak berkomunikasi? Ditinggalin empat bulan tanpa ada kabar? Ditinggal nikah tanpa kata-kata? Wah, ini mah, mana ada cewek yang mau.

Tapi intinya, saya ketawa ngakak sampe sakit perut aja si ngebaca sms dia dan ketemu dia keesokan harinya. Kemudian, besoknya lagi, saya baca itu kalimat jadi status facebooknya. Haduh, benar-benar labil hidup mantan pacar saya ini, eh, temen saya ini. Tapi setelah mengenang hidup saya beberapa waktu sama dia, emang dia cukup membuat susah.

Semacam, jama smp, dia pake berantem sama kakak kelas dan adik kelas nggak penting dan bikin ribet hidup gadis berusia 12 tahun. Atau datang ke rumah dengan pasukan teman-temannya gara-gara saya ulangtahun, sampai emak saya kaget karena emang nggak ada acara apa-apa. Atau membuat saya sebel sama satu adik kelas gara-gara dia, padahal dianya santai-santai saja. Pun setelah putus, saya masih di semprot pacarnya kala itu, gara-gara hal nggak penting. Benar-benar hidup yang susah.

Hei, cewek-cewek, emang pada mau, diajak hidup susah?

2 comments:

  1. dapat link ini dari: keyword google, "cari istri kok mau diajak hidup susah" haha..:P

    postingannya lucu.. bikin senyum2 sendiri pas baca. hehe

    ReplyDelete
  2. hha, iya, subjek tulisan itu agak kontradiktif soalnya... :D

    ReplyDelete